Pelita

Catatan & diskusi

1 Pendahuluan

Kinematika adalah ilmu yang mempelajari gerakan benda yang meliputi; posisi, kecepatan, dan percepatan. Mekanisme adalah kumpulan benda kaku yang dirangkai dengan sambungan untuk memenuhi fungsi gerak tertentu yang direncanakan, semisal robot dan mesin. Analisa kinematika pada mekanisme menjadi penting untuk merencanakan geometri, ukuran, dan bentuk komponen mekanisme atau mesin agar bisa berfungsi tanpa masalah. Sebagai ilustrasi, sebuah welding robot yang digunakan untuk mengelas bodi kendaraan secara otomatis diharapkan dapat bergerak dan melakukan pengelasan pada titik-titik atau lintasan yang ditentukan. Menurut Anda, apa yang akan terjadi jika robot tersebut bergerak diluar ketentuan karena salah dalam perancangan mekanismenya?

https://i2.wp.com/www.robot-welding.com/images/robotwelding.jpg

Automatic welding robot di industri otomotif

ref: http://www.robot-welding.com

Analisa dan sintesa mekanisme perlu dilakukan untuk menghindari permasalahan seperti itu. Nah, semua yang rumit selalu diawali dari sesuatu yang sangat sederhana. Untuk itu, sebelum mempelajari analisa kinematika pada mekanisme, Anda harus memahami kinematika dari partikel atau titik. Karena, sesungguhnya komponen mekanisme dapat disederhanakan menjadi kumpulan batang-batang sederhana yang dihubungkan dengan titik-titik sambungan. Jika Anda berhasil menganalisa gerakan dari tiap titik tersebut, maka Anda dapat menganalisa gerakan dari mekanisme tersebut secara keseluruhan.

https://i1.wp.com/www.autonomousrobotsblog.com/wp-content/uploads/2010/08/human-like_arm.jpg

Model kinematika dari mekanisme adalah kumpulan titik dan garis

ref: http://www.autonomousrobotsblog.com

Karena itu, kita akan memulai belajar kinematika dari gerakan partikel/titik. Semua komponen gerakan; posisi, kecepatan, dan percepatan, merupakan besaran vektor. Kepahaman Anda dalam operasional vektor dan turunannya (diferensial) akan sangat membantu saudara dalam analisa.

One comment on “1 Pendahuluan

  1. Idul Candra
    April 14, 2015

    Saya mahasiswa teknik mesin dari Universitas Hasanuddin Makassar, saya mau bertanya. Bagaimana mencari pusat sesaat pada dua buah peluncur, di mana kedua peluncur dihubungkan dengan sebuah batang penghubung, dan bidang kedua peluncur tidak sejajar?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: