Pelita

Catatan & diskusi

Metode Numerik

Dimulai dari tahun 2011 saya turut mengajar kuliah METODE NUMERIK untuk mahasiswa Teknik Mesin. Mata kuliah menarik yang mengajarkan penyelesaian masalah keteknikan dengan cara yang menarik. Terbesit keinginan dalam hati saya untuk meniti riset dengan memanfaatkan pernik fasilitas dalam metode ini. Saya berharap, akan ada mahasiswa yang turut menyertai riset saya ini nantinya. Saya akan mulai menawarkan topik riset di sela-sela perkuliahan METODE NUMERIK. Nah, untuk itu saya hendak mengenalkan sedikit tentang METODE NUMERIK tersebut.

Apa METODE NUMERIK itu?

Saya menduga Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah integral. Salah satu bahasan dalam mata kuliah kalkulus yang seringkali membuat dahi berkerut untuk menyelesaikannya, apalagi jika ditambahkan dengan embel-embel parsial dan sejenisnya. Jika saya beritahukan kepada Anda bahwa dibutuhkan hanya beberapa langkah penjumlahan/pengurangan dan perkalian/pembagian (ARITMETIK) untuk menyelesaikannya, bagaimana?

(ref: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/4a/FAE_visualization.jpg)

Nah, justru itulah kemudahan yang ditawarkan oleh METODE NUMERIK. Anda diberikan cara menarik yang mudah dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan matematika yang rumit. Akhirnya, bersama dengan METODE ELEMEN HINGGA, METODE ELEMEN BATAS dan sejenisnya,menggunakan METODE NUMERIK Anda bisa menghitung distribusi tegangan pada struktur rangka, deformasi pada body kendaraan yang bertabrakan, atau distribusi panas pada permukaan benda dan aliran fluida. Hebat kan!

Leave a comment